Tugas SIA 4

Posted: November 20, 2011 in Uncategorized

Nama   : Rhicat Ari Noviyanto

NPM   : 36109895

Kelas   : 3DB19

1. Menjual Produk Anda Sendiri (Sell Your Own Product) Dalam hal ini anda harus memiliki stok dari barang anda sendiri atau dari barang yang dihasilkan oleh orang ini. Model inilah yang paling populer saat ini. Produk yang anda jual bisa produk yang berbentuk (fisik) maupun produk digital (software, mp3, ebook dan lain sebagainya)

2. Menjual Jasa yang Anda miliki (Sell Your Own Services) Di sini yang anda jual adalah jasa berupa keahlian yang dibutuhkan oleh orang lain. Model ini sekarang sedang berkembang, situs yang menawarkan pasar jasa ini contohnya adalah FIVER. Di sana anda akan menemukan tempat seperti pasar dimana terjadi tawar-menawar dan pembelian dari jasa yang dilakukan oleh seseorang. Namun juga tak terlepas anda membuat website anda sendiri untuk menawarkan jasa yang anda jual. Jasa yang anda jual dapat bermacam-macam, contohnya membuat logo, membuat website, jasa SEO, membuat artikel, membuat software dan lain-lain.

3. Affiliate Marketing Pengertian dari Affiliate Marketing adalah anda menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap penjualan (Pay per Sale), untuk setiap lead prospek (Pay per Lead) atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay per click). MLM/network yang dilakukan secara online juga merupakan kategori ini.

4. Contextual Advertising Disini anda membuat sebuah website/blog dengan isi/artikel yang menarik/unik sehingga dikunjungi oleh banyak visitor. Dimana anda memperoleh pendapatan? anda akan memperoleh pendapatan dari memasang iklan yang telah disediakan oleh pihak penyedia jasa ini, dan setiap klik iklan yang anda akan dibayar. Iklan yang dipasang akan berhubungan denga artikel/isi yang anda buat itulah mengapa dinamakan iklan kontekstual. Untuk yang populer sekarang ini adalah Adsense dari Google.

5. Site Flipping Di model bisnis ini yang dilakukan adalah jual-beli website. Ya, website adalah suatu aset yang berharga seperti sebuah rumah atau toko. Biasanya pelaku bisnis ini membeli sebuah website yang murah namun memiliki potensi, dengan sedikit polesan dan peningkatan maka website pun dapat dijual dengan harga yang lumayan. Sebenarnya untuk bisnis inilah yang memiliki potensi besar dalam memperoleh pendapatan di bisnis internet.

6. Business – to – business (B2B). Tipe ini paling banyak digunakan dan pada tipe ini menggunakan IOS.

7. Business – to – consumer (B2C) Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan .

8. Consumer – to – consumer (C2C) Pada tipe ini seorang konsumen menjual secara langsung kepada konsumen lainnya.

9. Consumer – to – business (C2B) Perorangan yang menjual produk atau layanan kepada suatu organisasi,dan perorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi

10. Nonbusiness e-Commerce Lembaga non bisnis yang menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.

11. Intrabusiness (Organizational) e-Commerce Semua aktifitas intern organisasi,biasanya dijalankan di internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa dan informasi.

Nama                  : Rhicat Ari Noviyanto

 

Kelas                   : 3db19

Npm                    : 36109895

Judul Buku         : Sistem Informasi Akuntansi

Pengarang          : –  Lilis Puspitawati

–  Sri Dewi Anggadini

Penerbit              : Graha Ilmu

Hal                      : – BAB 7 165-169

– BAB 8  191-194

Judul Buku         : Sistem Informasi Akuntansi (Buku 2)

Pengarang          : Dasaratha .V Rama / Frederick .L Jones

Penerbit             : Salemba Empat

Hal                       : 165-167 & 174

 

 

 

Siklus Produksi

 

Aktivitas produksi pada intinya merupakan aktivitas  mengubah bahan baku menjadi bahan jadi. Siklus ini hanya terjadi pada perusahaan manufaktur (industri). Kegiatan mengubah bahan baku menjadi bahan jadi ini dikatakan sebagai proses produksi (pabrikasi).

 

Perusahaan Manufaktur memiliki tiga jenis persediaan yaitu :

 

a.        Persediaan Bahan Baku (Raw/Direct Material Inventory), persediaan bahan baku merupakan persediaan utama yang akan diolah dalam proses produksi.

 

b.       Persediaan Barang Dalam Proses (Work In Process Inventory), persediaan barang dalam proses merupakan persediaan barang yang dalam proses pengolahan. Barang dalam proses dapat pula disebut barang setengah jadi.

 

c.        Persediaan Barang Jadi (Finish Good Inventory), persediaan barang jadi merupakan persediaan barang yang dihasilkan dari proses produksi.

 

Proses produksi yang terdiri dari 3 golongan yaitu :

 

a.       Biaya bahan langsung (Raw/Direct Material), biaya bahan langsung merupakan biaya bahan baku utama yang digunakan dalam proses produksi.

 

b.       Biaya Tenaga Kerja Langsung (Direct Labour), biaya tenaga kerja langsung merupakan tenaga kerja yang digunakan secara langsung pada proses produksi.

 

c.        Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead), biaya overhead merupakan biaya yang tidak terlibat langsung dalam proses produksi.

 

 

Pengendalian Produksi

 

Silkus Pengolahan Transaksi Produksi berfokus pada pengelolaan persediaan bahan baku, bahan dalam proses dan bahan jadi. Metode yang biasa digunakan dalam menentukan harga pokok produksi adalah Metode Job order costing dan metode process costing.

 

Proses bisnis Pengendalian Produksi mencakup pengendalian terhadap produksi dan pengendalian terhadap persediaan. Akivitas tersebut berkaitan erat dengan prosedur :

 

1.     Penerimaan pesanan

2.     Penagihan

3.     Penggajian

4.     Pengiriman barang jadi

5.     dan Pembelian

 

Pengendalian produksi, merupakan pengendalian terhadap pelaksanaan pada proses produksi pengendalian ini meliputi pemisahan fungsi pencatatan dan fungsi dokumentasi, pengawasan terhadap permintaan persediaan dan pengawasan terhadap penjadwalan produksi.

 

 

Siklus Buku Besar

 

Utang dagang dari berbagai pemasok dalam suatu perusahaan akan dicatatkan pada Buku Besar perusahaan bersamaan dengan berbagai perkiraan-perkiraan yang lainnya. Pengendalian pada buku besar dilakukan dengan cara membandingkan dokumen total pengendali dengan cek voucher yang akan dibayarkan kepada pemasok. Dokumen total pengendali berisi ringkasan utang dagang masing-masing pemasok sedangkan cek voucher merupakan dokumen yang berisi utang dagang pemasok yang akan segera jatuh tempo.

                                                       Gambar. Buku Besar
 

Siklus Pendapatan

 

Siklus pendapatan dari berbagai jenis organisasi yang berbeda adalah sama dan meliputi beberapa atau sama operasi berikut ini :

 

1.     Merespons pertanyaan pelanggan. Pertanyaan pelanggan bisa ditangani oleh tenaga penjual.

 

2.     Membuat perjanjian dengan para pelanggan untuk menyediakan  barang dan jasa di masa yang akan datang.

 

3.     Menyediakan jasa atau mengirim barang ke pelanggan.

 

4.     Mengakui klam atas barang dan jasa yang disediakan.

 

5.     Menerima kas. Pada suatu waktu dalam siklus  pendapata, kas diperoleh dari pelanggan.

 

6.     Menyetorkan kas ke bank.

 

7.     Menyusun laporan.

 

Alternatis sistem siklus pendapatan :

1.     Pemesanan sebelum pengiriman

2.     Pelanggan segera mengambil (tanpa pesanan)

 

Alternatif waktu pembayaran :

1.     Sebelum pengiriman

2.     Pada waktu pengiriman

3.     Setelah  pengiriman

 

Alternatif bentuk pembayaran :

1.     Tunai (kas)

2.     Cek

3.     Kartu kredit atau kartu debit

4.     Penjualan secara kredit

 

Resiko dan pengendalian

 

Menggunakan siklus pendapatan ELERBE sebagai contoh untuk membahas resiko dan pengendalian. Pengendalian arus kerja dapat mengurangi resiko pada siklus pendapatan.

 

Siklus Penjualan

 

Penjualan merupakan aktivitas memperjualbelikan barang dan jasa kepada konsumen. Aktivitas penjualan dalam perusahaan dapat dilakukan baik secara tunai ataupun kredit.

 

 

 

Prosedur penjualan kredit terdiri dari aktivitas :

a.      Permintaan informasi persediaan barang/jasa

b.     Penerimaan pesanan penjualan (order penjualan)

c.      Pengecekan persediaan dan harga

d.     Persetujuan kredit

e.      Pengambilan barang/persediaan

f.       Pembuatan faktur penjualan

g.      Pengiriman barang

h.     Pencatatan transaksi

i.        Penagihan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s